Hallo, kembali lagi di blog ku. Nah kali ini tentunya kita akan kembali membahas hal yang akan bermafaat untuk teman – teman semua. Hmm Kita akan membahas tentang Prototype Yuk langsung aja Kita bahas.!!

            Pengertian Prototype

            Prototype adalah model kerja dasar dari pengembangan sebuah program (software) atau perangkat lunak. Prototype dalam Bahasa Inggris “prototype” disebut juga dengan purwarupa. Prototype biasanya dibuat sebagai model untuk tujuan demonstrasi atau sebagai bagian dari proses pengembangan atau pembuatan sebuah software.

            Kata Prototype berasal dari Bahasa Latin, yaitu kata “proto” yang berarti asli, dan “typus” yang berarti bentuk atau model. Dalam konteks non-teknis, Prototype adalah contoh khusus sebagai wakil dari kategori tertentu.

            Dalam bidang desain , Prototype atau purwarupa atau disebut juga dengan arketipe adalah bentuk awal sebagai contoh atau standar ukuran dari sebuah entitas.

            Tujuan Prototype

            Prototype bertujuan agar produk yang diluncurkan sesuai dengan permintaan pasar. Prototipe bisa menjadi jembatan antara produsen dan konsumen untuk mewujudkan produk yang sesuai. Dengan begitu, produk yang diluncurkan diminati oleh konsumen.   

            Adanya Prototype ini juga bisa menghemat biaya produksi karena produsen tidak perlu melakukan ‘trial and error’. Bisa dibayangkan, berapa besar biaya produksi yang dikeluarkan jika produsen tidak memiliki p Prototype dan asal mengeluarkan produk. Pengusaha pun bisa menghemat waktu untuk melakukan riset apabila sudah menentukan Prototype.

            Manfaat Prototype:

       1. Mendapatkan gambaran konkret

       2. Tahu keinginan konsumen

       3. bahan presentasi ke investor

       4. Hemat biaya

       5. Pengembangan Produk Baru

            Tahapan Metode Prototype

1. Pengumpulan Kebutuhan

            Pelanggan dan pengembang bersama-sama mendefinisikan format dan kebutuhan kesseluruhan perangkat lunak, mengidentifikasikan semua kebutuhan, dan garis besar sistem yang akan dibuat.

2. Membangun Prototyping

            Membangun prototyping dengan membuat perancangan sementara yang berpusat pada penyajian kepada pelanggan (misalnya dengan membuat input dan contoh outputnya).

3. Evaluasi Prototyping

            Evaluasi ini dilakukan oleh pelanggan apakah prototyping yang sudah dibangun sudah sesuai dengan keinginan pelanggan. Jika sudah sesuai maka langkah keempat akan diambil. Jika tidak, maka prototyping diperbaiki dengan mengulang langkah 1, 2 , dan 3.

4. Mengkodekan system

            Dalam tahap ini prototyping yang sudah disepakati diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman yang sesuai.

5. Menuji System

            Setelah sistem sudah menjadi suatu perangkat lunak yang siap pakai, harus dites dahulu sebelum digunakan. Pengujian ini dilakukan dengan White Box, Black Box, Basis Path, pengujian arsitektur dan lain-lain.

6. Evaluasi System

            Pelanggan mengevaluasi apakah sistem yang sudah jadi sudah sesuai dengan yang diharapkan . Jika sudah, maka langkah ketujuh dilakukan, jika belum maka mengulangi langkah 4 dan 5. Perangkat lunak yang telah diuji dan diterima pelanggan siap untuk digunakan

            Kelebihan Prototype :

  • Menghemat waktu dalam pengembangan sistem.
  • Penentuan kebutuhan lebih mudah diwujudkan.
  • Pelanggan / klien berpartisipasi aktif dalam pengenbangan sistem, sehingga hasil perangkat lunak mudah disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
  • Komunikasi yang baik antaral pelanggan dan pengembang.
  • Pengembang dapat lebih mudah dalam menentukan kebutuhan pelanggan.

            Kekurangan Prototype

  • Proses perencangan dan analisi terlalu singkat.
  • Biasanya Kurang fleksibel dalam menghadapi perubahan.
  • Pengembang kadang-kadang membuat kompromi implementasi dengan menggunakan sistem operasi yang tidak relevan dan algoritma yang tidak efisien.

            Baiklah demikian pembahasan kita kali ini , semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa berkunjung di lain waktu. Tetap jaga kesehatan. Terimakasih.