Hallo, kembali lagi di blog ku. Nah kali ini tentunya kita akan kembali membahas hal yang akan menambah wawasan. Hmm kali ini Kita akan membahas Apa itu ‘pengguna atau user’ dalam interaksi manusia & computer. Yuk langsung aja Kita bahas.!!


            Defenisi User

            Pengguna atau user dapat didefenisikan sebagai orang yang menggunakan sesuatu, baik itu dalam bentuk barang atau jasa. Itu merupakan pengertian secara umum.

            Sedangkan berdasarkan IMK, Pengguna atau user merupakan orang yang menggunakan computer atau biasanya juga dapat disebut dengan brainware. Sebelumnya Saya sudah oernah membahas tentang brainware, dapat di buka disini !           

            Dalam IMK juga menjelaskan bahwa pengguna atau user itu merupakan seseorang yang merancang, mengimplementasikan dan menevaluasi berbagai hal dari User interference (UI).

            Macam – Macam Pengguna

            Pengguna computer tentunya tidak hanya dating dari seorang yang tahu betul atau memang bergelut di dunia informatika,. Seperti halnya seorang Fornt end developer, Back end developer, UI/UX Designer, IT support, Programmer, Sistem analisis dan berbagai macam brainware lainnya. Ya pekerjaan mereka memang menggunakan computer setiap hari, tentu saja bukan mau tidak mau mereka menjadi bagian dari pengguna computer.

            Pengguna computer tidak hanya dating dari segelintir profesi di bidang informatika. Tetapi juga dating dari berbagai profesi yang ada, seperti pekerja kantoran bahkan anak sekolahan. Tidak hanya itu yang bukan siapa-siapa saja, yang tidak memiliki profesi juga bisamenjadi pengguna computer. Dengan memanfaatkannya dengan baik tentunya.

            Kategori Pengguna

            Suatu aplikasi dibuat untuk dibuat bukan? Sebelum membuat aplikasi kita perlu merancangnya dan mempersiapkannya dengan benar. Salah satu persiapannya dengan merancang taget pengguna dari aplikasi tersebut. Kita harus melihat kemungkinan seperti apa yang memberikan banyak pengguna bagi aplikasi yang kita buat. Dengan merancang target yang akan di sasar nanti, itu akan lebih memudahkan kita memberi informasi pada siapa aplikasi ini dibuat.

            Untuk hal itu kita perlu melihat kategori dibawah ini , berikut penjelasannya:

            1. Berdasarkan Usia

            Jika berbicara tentang usia, disini kita harus menargetkan kepada usia berapa aplikasi ini dibuat. Hal ini penting agar penggunaan aplikasi ini dapat tepat pada sasarannya. Misalhnya Kita membuat aplikasi pembelajaran tingkat SD – SMA yang usianya berkisar 7 hingga 18 tahun, tidak akan cocok jika digunakan oleh orang yang berumur 30 tahunan. Tidak sesuai kebutuhannya bukan?

            Jadi kita harus menyesuaikan kegunaan maupun desain tampilan. Misal untuk seorang orang tua yang usianya 50 tahunan, penglihatannya yang sudah tidak terlalu jelas maka desain tampilannya dapat dibuat dengan tukisan yang lebih besar dari biasa agar pengguna dapat nyaman. Itulah gunanya melakukan resit usia.

            2. Berdasarkan Jenis Kelamin

            Untuk urusan jenis kelamin, kenapa penting ? selera orang tentu berbeda beda bukan? Jika yang sesame jenis saja bisa berbeda, apalagi yang berbeda jenis. Adanya hal ini agar bisa membedakan focusnya. Jika suatu aplikasi menargetkan kepada perempuan maka tampilannya bisa dibuat dengan tema yang lebih girly seperti menggunakan warna pink.

            Namun jika memang menargetkan pada siapa saja , apapun jenis kelaminnya bisa mengguakan aplikasi ini maka dapat menggunakan desain yang netral saja. Hal ini penting agar apa yang dibuat oleh aplikasi dapat lebih tersampaikan dengan baik.

            3. Berdasarkan Geografis

            Melakukan riset dibidang geografis ini adalah salah satu yang tidak boleh ketinggalan kenapa? Karena kita harus tau tempat kita memluncurkan aplikasi ini seperti apa , orang – orangnya bagai mana, wilayahnya mendukung apa tidak. Jika kita membuat aplikasi menggunakan bahasa Indonesia namun juga mengeluarkannya ke negara yang tidak mengerti bahsa Indonesia, hal ini akan memicu ketidak profesionalan. Mereka tidak akan mengerti dan enggan menggunakannya.

            Ditambah lagi kita harus meninjau tempatnya, apakah ditempat itu internetnya bagus atau tidak. Karena jika tidak didukung maka orang orang juga tidak akan mau menggunakan aplikasi itu, sekali pakai langsung uninstall.

            4. Berdasarkan Minat

            Orang – orang akan mencari aplikasi sesuai apa minat yang mereka miliki bukan? Jika minatnya dibidang music ya akan memilih aplikasi music untuk mendengar lagu. Sebelum kita membuat aplikasi kita harus menargetkan siapa yang meminatinya, jangan sampai kita meluncurkan aplikasi podcast untuk orang yang lebih suka membaca dari pada mendengar, tidak akan nyambung ya. 

            5. Berdasarkan Teknologi

            Nah melakukan riset terhadap wadah apa yang cocok untuk pengguna lebih mudah mengakses aplikasi kita. Opsinya ada smartphone, web atau desktop. Kita dapat menyesuaikan apa yang cocok bagi target penggunanya. Yang seperti apa dan bagaimana.

            6. Berdasarkan Profesi

            Profesi merupakan suatu kategori target yang juga penting. Kenapa ? karena sama seperti yang diatas, akan lebih mudah jika kita menciptakan sesuatu sesuai kebutuhan konsumen. Akan lebih baik juga jika menargetkan siapa pengguna yang cocok. Agar dapat menyesuaikan dari kegunaan, tema , tampilan dan hal – hal dukungan lainnya.

            Baiklah demikian pembahasan kita kali ini , semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa berkunjung di lain waktu. Tetap jaga kesehatan. Terimakasih