Hallo, kembali lagi di blog ku. Nah kali ini tentunya kita akan kembali membahas hal yang akan bermafaat untuk teman – teman semua. Hmm Kita akan membahas tentang Desain Gambar. Yuk langsung aja Kita bahas.!!
Pengertian Logo
Logo adalah
gambar dengan suatu arti, bisa berupa lukisan, sketsa, ataupun tulisan saja.
Logo berperan untuk mewakili identitas pihak tertentu, entah itu bisnis,
perusahaan, organisasi, negara, daerah, produk atau lain sebagainya.
Biasanya,
suatu logo mengandung filosofi tertentu dan kerangka dasar berbentuk konsep
yang bertujuan guna menciptakan sifat mandiri. Selain itu, setiap bentuk logo
juga wajib mempunyai suatu ciri khas tertentu untuk membedakan logo yang satu
dengan logo yang lainnya, baik itu dari segi bentuk maupun warnanya.
Suatu logo yang digunakan akan menggambarkan kualitas
seperti yang disimbolkan, seperti adanya pendekatan budaya perusahaan,
penempatan posisi penting, atau aspirasi dari perusahaan itu sendiri.
Kegunaan Logo
1. Branding
Logo adalah
bentuk identitas atas suatu entitas kepada masyarakat umum. Untuk itu, suatu
logo harus menggambarkan karakteristik suatu organisasi atau produk yang
diwakilinya. Jadi, nantinya masyarakat akan mengingat dan mengenal suatu logo
yang mewakili entitas tersebut.
2.
Memberikan Informasi, Pengawasan, dan Kontrol
Sebuah logo
memiliki kandungan informasi yang hendak disampaikan ke masyarakat. Informasi
tersebut dibuat untuk bisa mengendalikan pandangan atau kegiatan masyarakat
atas suatu brand. Sederhananya, logo akan menyampaikan informasi
penting dan kesan yang diinginkan perusahaan dari masyarakat. Sehingga, logo
juga berfungsi sebagai suatu pengawas dan pengontrol nilai perusahaan di mata
masyarakat.
3.
Memberikan Motivasi
Suatu logo
juga digunakan untuk menyampaikan pesan motivasi kepada seluruh pihak yang
sesuai dengan tujuan brand tersebut.
4. Mengutarakan
Emosi
Suatu logo
juga bisa dijadikan sebagai sarana dalam mengutarakan emosi.kekuatan logo
sebagai pengutara emosi ini lah yang akan dicari banyak orang agar dapat
mencapai filosifi yang diharapkan.
5. Untuk
Presentasi dan Promosi
Logo juga
sangat efektif untuk dijadikan sebagai sarana promosi dan presentasi. Seluruh
informasi atau pesan yang yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada publik
akan lebih menarik dan lebih mudah diingat dengan memanfaatkan gambar dan
kata-kata yang persuasif pada suatu logo.
Aspek dalam Logo
1. Tipografi
Tipografi adalah teknik pemilihan, penataan, dan pengaturan
penyebaran huruf pada ruang yang tersedia. Apapun jenis font yang digunakan,
tipografi yang baik pada logo dapat memberikan sebuah “emosi” tersendiri kepada
orang yang melihatnya.
2. Pemilihan Warna
Pemilihan warna pada logo merupakan hal yang sangat krusial
karena warna dapat menyampaikan sebuah pesan kepada mereka yang melihatnya.Logo
yang baik akan menggunakan warna sederhana dan mudah diingat. Selain karena
dapat memberikan ekspresi kepada yang melihatnya, warna sederhana juga
menghemat biaya produksi.
3. Bentuk Logo
Logo yang baik memiliki bentuk yang sesuai dengan suatu
entitas yang diwakilinya, baik itu lurus, siku, bundar, persegi, dan lainnya.
Sebagai contoh; sebuah produk sabun mandi biasanya memiliki logo berbentuk bundar
dan berkesan lembut.
4. Keseimbangan
Dalam hal ini, keseimbangan maksudnya adalah memastikan logo
yang dibuat telah pada komposisi terbaiknya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara
membolak-balik logo tersebut, mengganti font atau warna, untuk mendapatkan
berbagai kemungkinan lain yang membuat logo lebih baik lagi.
Golden Ratio Dalam Logo
Golden
Ratio adalah angka yang digunakan ketika dua kuantitas dibagi sedemikian rupa
sehingga rasionya sama dengan rasio jumlah dari yang terbesar dari dua
kuantitas. Angka itu adalah 1.618, disebut juga dengan Phi.
Cara yang
paling mudah untuk mendemonstrasikan hal ini dengan menggunakan urutan Fibonacci.
Tidak terlalu rumit, urutan ini adalah penjumlahan dari dua angka sebelumnya.
0,1,1,2,3,5,8,13,21 … dan selanjutnya. Dahulu, orang Yunani menggunakan urutan
Fibonacci untuk membentuk pola visual untuk membantu desain mereka. Ketika
mengubah angka menjadi sebuah objek kotak dan meletakkannya berdampingan untuk
membuat persegi panjang, sebuah spiral (Golden Spiral) terbentuk.
Golden
Ratio sebenarnya jauh lebih sederhana dari yang terlihat. Hal itu bisa
ditemukan dimana-mana. Golden Spiral muncul di alam sekitar kita, dari angin
topan hingga bunga, galaksi hingga kerang dan bahkan kembang kol yang terlihat
aneh.
Baiklah
demikian pembahasan kita kali ini , semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa
berkunjung di lain waktu. Tetap jaga kesehatan. Terimakasih.
0 Komentar