Hallo, kembali lagi di blog ku. Nah kali ini tentunya kita akan kembali membahas hal yang akan menambah wawasan. Hmm kali ini Kita akan membahas bagian selanjutnya mengenai Interaksi Manusia dan Komputer . Jika sebelumnya Kita membahas tentang pengertiannya , Maka kali ini Kita akan membahas tentang sejarah juga konsepnya. Yuk langsung aja Kita bahas.
Sejarah
Interaksi Manusia & Komputer
Ketika komputer pertama kali diperkenalkan secara
komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai dan sangat tidak
praktis. Karena waktu itu komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar,
hanya dipakai dikalangan tertentu, misalnya para ilmuwan atau ahli-ahli teknik.
Setelah komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun
70-an, maka berkembanglah penggunaan teknologi ini secara cepat dan
mengagurnkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan,
pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut
akhirnya juga mempengaruhi rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus
bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokkan dengan
kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada
pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka
pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine
Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem
yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan
pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi
manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an
diperkenalkanlah istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi
Manusia-Komputer.
Faktor manusia adalah bagian utama dari permasalahan peralatan perancangan yang dapat dibedah oleh manusia selama Perang dunia II. Banyak permasalahan yang dihadapi oleh faktor manusia yang mempunyai pandangan tentang apa dia lihat (perancangan perangkat keras dan mengendalikannya). Masalah dari operasi manusia komputer adalah suatu faktor alami manusia, kalau tidak permasalahan yang baru mempunyai teori substansiil, komunikasi, dan aspek interaksi sebelumnya yang dikembangkan dalam faktor manusia, memaksa suatu pertumbuhan faktor manusia didalam arah perkembangan IMK. Akhirnya, kebebasan menentukan perhitungan, pemakai komputer pribadi dan penjualan komputer itu jadilah lebih secara langsung diikat kepada mutu perangakat keras mereka dibanding di masa lalu.
Tujuan
Interaksi Manusia & Komputer
- Menciptakan sistem yang bisa
digunakan( usable), mempunyai manfaat( useful), serta mudah dioperasikan
oleh pengguna( user friendly).
- Fungsionalitas, ialah fungsi-
fungsi yang terdapat dalam sistem yang dibuat sesuai dengan perencanaan
pembuatan.
- Keamanan, mengetahui bagaimana
sistem yang kita buat mempunyai tingkatan pengamanan informasi ataupun
tidak.
- Efektifitas serta Efisiensi, akan
mempengaruhi pada produktifitas kerja dari penggunanya serta sistem yang
dibuat harus berperan dengan baik.
- Untuk mempermudah manusia dalam
mengoperasikan komputer serta memperoleh berbagai umpan balik yang
dibutuhkan pengguna.
- WYSIWYG (what you see is what you
get)
Contoh
Interaksi Manusia & Komputer
1. Keuangan
Kasir
yang menghitung pembelanjaan pembeli menggunakan mesin kasir modern
yang sekarang sudah menggunakan “touch screen” sebagai alat input-nya.
2. Pendidikan
Mahasiswa yang
melakukan interaksi input KRS (Kartu Rencana Studi) melalui Sistem Informasi
Manajemen akademik.
Dan Mahasiswa dan
dosen yang melakukan kegiatan belajar mengajar dikelas dengan menggunakan
laptop dan infocus sebagai media komunikasi.
3. Kedokteran
Penggunaan
laser pada operasi medis. Dan Penggunaan Mesin rogsen untuk melihat bagian
dalam tubuh.
4. Keseharian
Orang
sekarang lebih memilih alat transportasi berbasis Online, contoh sebut
saja penggunaan Gojek, Grab, dan uber dan telah merajalela di indonesia.
Baiklah demikian pembahasan kita kali ini , semoga dapat
bermanfaat dan jangan lupa berkunjung di lain waktu. Terimakasih.
0 Komentar