Hallo, kembali lagi di blog ku. Nah kali ini tentunya kita akan kembali membahas hal yang akan menambah wawasan. Hmm Apa kalian tau tentang Interaksi Manusia dan Komputer itu ? Mulai dari pengertian hingga hal – hal lainnya? Nah kali ini kita akan membahas “Interaksi Manusia dan Komputer”. Yuk langsung aja Kita bahas.


            Definisi Interaksi Manusia & Komputer

            Interaksi manusia dan komputer atau dalam bahasa inggrisnya Human Computer Interaction adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.

            Dengan kata lain Interaksi manusia dan komputer itu sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Interaksi manusia dan komputer meliputi ergonomic dan faktor manusia.

            Tahapan Interaksi Manusia & Komputer

            1. Perancangan

            Dalam perancangan ini, terbagi lagi pada tahap analisis kebutuhan dan desain. Nantinya pada tahapan ini kita akan menganalisis kebutuhan konsumen ,apa yang diinginkan oleh user. Dan selanjutnya mendesain atau menuangkan hasil analisis tadi dalam bentuk gambaran sketsa sementara.

            Hal yang akan kita temui saat perancangan suatu program , yaitu:

            a. Wireframe : Sebuah kerangka yang berfungsi untuk membuat tata letak suatu website agar sesuai dengan keinginan klien sebelum masuk ke proses desain atau coding. Proses wireframing biasanya dilakukan oleh seorang UI Designer          .

          b. Storyboard : Dapat diartikan sebagai naskah yang disajikan dalam bentuk bagan gambar dengan berurutan. Biasanya digunakan oleh seorang animator. Namun disini digunakan untuk penggambaraan vicual adegan dalam web/aplikasi dengan dialog, aksi yang berurutan.

            c. Wireflow : Representasi dari aliran layar, dengan mengumpulkan satu set wireframes terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran.

             d. Mockup : Desain statis menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk.

         e. Prototype : Versi konsep produk yang memungkinkan Anda menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi.

            Manfaat yang akan diperoleh dari merancang terlebih dahulu ini adalah memudahkan desain poject yang akan dibuat, jika aka nada modifikasi akan mempermudah juga karena tidak perlu pemrograman untuk memvisualisasikan dan tidak diperlukannya pengkodean.

            2. Implementasi

            Pada tahapan implementasi ini yang dilakukan adalah menerapkan semua hasil rancangan dari tahapan perancangan sebelumnya (Wireframe, storyboard, Wireflow, Mockup, Prototype) , ke bentuk selanjutnya yaitu bentuk aplikasi nyata. Jenis platform yang dapat digunakan untuk mewujudkan bentuk nyatanya yaitu :

            1. Aplikasi Mobile

            2. Aplikasi Desktop

            3. Website

            3. Evaluasi

            Pada tahapan evaluasi ini adalah dimana waktunya kita menguji aplikasi pemrograman ini apakah sesuai dan memenuhi kebutuhan dari para user. Tentunya penilaian layak disini dapat dilihat dari “Usability” dan “User Experience”.

            Pada point usability ini , sebuah aplikasi diharapkan mencapai tingkatan kemampuan antarmuka yang dilihat user sehingga penggunaannya dapat mempermudah hidup pengguna. Sedangkan User Experience-nya dapat menjadikan pengalaman penggunanya yang diberikan website atau aplikasi menarik dan menyenangkan bagi user. Evaluasi ini dapat menggunakan kuesioner yang dapat diisi oleh pengguna dari aplikasi/website yang dibuat.

            Sekian dari pembahasan kali ini. Semoga apa yang ada diatas dapat membatu kalian dan terimakasih sudah berkunjung. Sampai jumpa di lain waktu.