Hallo, kembali lagi di blog ku. Nah kali ini tentunya kita akan kembali membahas hal yang akan menambah wawasan. Hmm Apa kalian tau tentang Interaksi Manusia dan Komputer itu ? Mulai dari pengertian hingga hal – hal lainnya? Nah kali ini kita akan membahas “Interaksi Manusia dan Komputer”. Yuk langsung aja Kita bahas.
Definisi Interaksi Manusia &
Komputer
Interaksi manusia dan komputer atau dalam bahasa inggrisnya Human Computer Interaction adalah disiplin
ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi
perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah
digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien
untuk merancang pesan elektronik.
Dengan kata lain Interaksi manusia dan komputer itu
sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh
manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan
masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir
yang diharapkan. Interaksi manusia dan komputer meliputi ergonomic dan faktor
manusia.
Tahapan Interaksi Manusia &
Komputer
1.
Perancangan
Dalam perancangan ini, terbagi lagi pada tahap
analisis kebutuhan dan desain. Nantinya pada tahapan ini kita akan menganalisis
kebutuhan konsumen ,apa yang diinginkan oleh user. Dan selanjutnya mendesain
atau menuangkan hasil analisis tadi dalam bentuk gambaran sketsa sementara.
Hal yang akan kita temui saat
perancangan suatu program , yaitu:
a.
Wireframe : Sebuah kerangka yang berfungsi untuk membuat tata letak suatu
website agar sesuai dengan keinginan klien sebelum masuk ke proses desain atau
coding. Proses wireframing biasanya dilakukan oleh seorang UI Designer .
b.
Storyboard : Dapat diartikan sebagai naskah yang disajikan dalam bentuk
bagan gambar dengan berurutan. Biasanya digunakan oleh seorang animator. Namun
disini digunakan untuk penggambaraan vicual adegan dalam web/aplikasi dengan
dialog, aksi yang berurutan.
c. Wireflow : Representasi dari aliran layar, dengan mengumpulkan satu set wireframes terkait mengikuti urutan mereka muncul dalam aliran.
d.
Mockup : Desain statis
menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk.
e.
Prototype : Versi konsep produk yang memungkinkan Anda
menjelajahi ide-ide Anda dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan
kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi.
Manfaat yang akan diperoleh dari merancang terlebih
dahulu ini adalah memudahkan desain poject yang akan dibuat, jika aka nada modifikasi
akan mempermudah juga karena tidak perlu pemrograman untuk memvisualisasikan
dan tidak diperlukannya pengkodean.
2.
Implementasi
Pada tahapan implementasi ini yang
dilakukan adalah menerapkan semua hasil rancangan dari tahapan perancangan sebelumnya
(Wireframe, storyboard, Wireflow, Mockup, Prototype) , ke bentuk selanjutnya yaitu
bentuk aplikasi nyata. Jenis platform yang dapat digunakan untuk mewujudkan
bentuk nyatanya yaitu :
1. Aplikasi Mobile
2. Aplikasi Desktop
3. Website
3.
Evaluasi
Pada tahapan evaluasi ini adalah dimana waktunya
kita menguji aplikasi pemrograman ini apakah sesuai dan memenuhi kebutuhan dari
para user. Tentunya penilaian layak disini dapat dilihat dari “Usability” dan “User
Experience”.
Pada point usability ini , sebuah
aplikasi diharapkan mencapai tingkatan kemampuan antarmuka yang dilihat user
sehingga penggunaannya dapat mempermudah hidup pengguna. Sedangkan User
Experience-nya dapat menjadikan pengalaman penggunanya yang diberikan website
atau aplikasi menarik dan menyenangkan bagi user. Evaluasi ini dapat
menggunakan kuesioner yang dapat diisi oleh pengguna dari aplikasi/website yang
dibuat.
Sekian dari pembahasan kali ini.
Semoga apa yang ada diatas dapat membatu kalian dan terimakasih sudah
berkunjung. Sampai jumpa di lain waktu.
0 Komentar